Uncategorized

Ikatan Sigma dan Phi

ikatan phi
ikatan sigma dan phi

Ikatan sigma itu terjadi pada ikatan poros, sedangkan ikatan phi dibentuk oleh elektron yang terdistribusi di atas dan di bawah ikatan sumbu atau poros.

Seperti dalam sebuah hubungan, menurutku hubungan yang baik adalah hubungan yang ada pada porosnya. Ibaratnya sih gak keluar lintasan. Ketika kita udah ada dalam hubungan yang ada pada porosnya. Itu artinya kayak lagi ngejalani hubungan yang serius gitu. Ya seperti ikatan sigma ini. Ia gak keluar lintasan.

Beda ama ikatan phi. Ikatan ini terdistribusi diatas dan dibawah ikatan sumbu atau porosnya. Dia keluar lintasan. Ikatan semacam ini memungkinkan untuk membentuk ikatan yang lainnya lagi. Artinya kamu bukan satu-satunya. Dia masih bisa mengikat yang lain meski gak terlalu kuat juga.

Ikatan sigma memberikan kepastian buat kamu, sedangkan ikatan phi yang keluar sumbu memberikan banyak kemungkinan. Mungkin dia sekarang ada di dekat kamu. Tapi gak nutup kemungkinan juga dia juga sedang mengikat yang lain.

Oh ya. Ikatan sigma itu wajib ada antar atom dalam molekul sebanyak satu ikatan sigma. Sedangkan ikatan phi dalam satu molekul itu lebih dari satu. Kebayang dong, php-nya ikatan phi..

Ikatan sigma mungkin terkesan kaku karena harus berada dalam sumbu porosnya, beda ama ikatan phi yang sesuka hati mengorbit kemana saja. Tapi ya itu. Ikatan phi memang lebih indah, lebih bebas. tapi gak punya ikatan yang kuat.

Jadi ikatan seperti apa dan yang bagaimana yang kamu pilih? Ikatan sigma atau phi?

Iklan

2 thoughts on “Ikatan Sigma dan Phi”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s