Diary

Ini Hanya Topeng!

Topeng aku dilingkungan tetangga emang rada bagus. Dari luar aku kelihatan rajin, pinter, ama baik hati. Eh. Yang baik hati emang bener. Bukan cuma topeng.

Aku emang orangnya pendiam gitu. Gak banyak omong. Tapi kalo ama orang yang cocok yang omongannya banyak. Kadang malah omong besar.

Tiap pagi aku nyapu halaman. Emang simpel aja sih. Elah. Nyapu halaman gitu doang kan. Gampil. Gampil. Gampil. Tapi kalau orang macem aku sih ya sulit banget. Susah. Enakan males-malesan pagi.

Tiap pagi pula aku make topeng kebaikan aku. Ya. Semacam pahlawan bertopeng penyapu halaman gitu. Aku senyum. Pura-pura bahagia. Apalagi kalau ketemu tetangga yang lagi jalan-jalan. Aku senyum lebar banget. Kadang-kadang juga nyapa. Gila. Aku gak nyangka aku bisa ramah. Orang tukang marah-marah ini bisa ramah. Ini sesuatu yang menakjubkan.

Sampai suatu hari kebaikan pahlawan bertopeng ini terdengar ke negeri tetangga. Elah. Jadi kaya apa aja.

Orang yang biasanya lewat di depan rumah aku pas lagi aku nyapu, lagi ngajakin anak kecil. Dengan penuh penghayatan aku sapa anak kecil itu.

“Sok lek wis gede koyo mbak uci. Pinter. Sregep.”

Jderrr!
Bumi gonjang ganjing.
Gemuruh disana-sini.
Angin bertiup kencang.
Bumi menjadi gelap.
Gunung meletus.
Hujan deras.
Aaaaaaaargh!

Bencana! Bencana! Bencana!

Jangan sampe tuh anak niru kelakuan aku. Ada 1 orang kaya aku aja udah bisa bikin nenek-nenek beruban. Apalagi 2.

Jadi aku berharap tuh anak kecil gak kaya aku.
Kuharap dia bisa rajin luar dalem.
Bukan topeng semacam ini.
Selamatkan jalanmu nak! Kembalilah ke jalan yang benar!
Ketahuilah nak!
Ini hanya topeng!

Tinggalkan Balasan

